8 Tahun Bareng Si Cool

Kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman buat temen-temen Coolriders selama delapan tahun memakai Suzuki RK Cool SC-Z. Motor ini saya beli tahun 2003 bulan Juni atau Juli dengan kondisi second dan harga yang cukup tinggi, skitar 11 juta. Maklum juga, baru dipakai sama pemilik pertama skitar satu bulan. Tak tau dengan alasan apa yang membuat dia menjual motor ini.
Lanjut, motor masih dalam kondisi 99 % ori, karena memang ada beberapa bagian motor yang tidak nempel di motor. Seperti mika lampu belakang, tutup speedometer yang sudah tidak komplit, dan spatbor belakang yang sudah dipotong-potong…Spion pun tak ada. Ancur juga sbenernya. Velg ternyata sudah ada bekas kenteng dan nyantol balancer. Bodi juga beberapa ada yang baret. Tapi dasar udah mantep dan seneng, tetep aja motor itu dibayarin.
Pada awal kemunculannya, sebelum aku beli, kebetulan ada temen yang udah punya motor Cool. Jujur saja, aku bener-bener ga suka dengan bodi dan bentuk motor ini. Kalo orang Jawa bilang wagu. Jauh jika dibanding Nova Sonic yang temenku itu juga punya sebelumnya. Tapi ga tau kenapa juga aku akhirnya beli motor ini. Karna idamanku waktu itu Tiger 2000. Udah jodoh kali ya???
Baru beberapa hari motor ini ditangan, eh ada yang minjem buat di geber sama honda grand korekan. Padahal belum aku apa-apain tuh motor. Setelan masih bener-bener bawaan, standar. Digas pol aja mbrebet. Ya jauhlah ditinggal sama tuh Grand bundu. Orang satria R aj jauh.
Setelah beberapa bulan aku pake, barulah aku mulai berulah. Cukup setting karbu. Dengan kondisi bener-bener masih standar bisa lari sampe 120 km/jam, tapi jaraknya sekitar 1 Km. Hehe.
Temenku bilang motor ini lumayan responsif. Tapi aku bilang biasa aja. Bahkan tarikan awalnya lama. Ini sangat terasa sekali karena beberapa kali aku coba sama FIZR. Dan memang jauh berbeda. Kurang responsif.
Soal ketahanan bisa dibilang RK Cool ku ini bandel(entah yg lain.hehe). Terbukti, motor ini aku pake lajo lebih kurang 70 km setiap hari selama 5 tahun sama skali belum ada perubahan yang berarti. Bahkan aku rasakan smakin enteng aj nih motor dibantai. Ga cuma itu, penderitaan motor ini aku tambah lagi dengan ku pakai beberapa kali ikut konvoy kampanye parpol dan suporter bola. Habis dua biji knalpot custom aku potong-potong. Pembantaian ini sungguh  keji sodara. Cool ku aku adu dengan Ninja dan RX King yang punya power dan keluaran suara yg lebih gede.
Pembantaian itu harus berhenti pada tahun 2008 akhir karna kurasakan sudah saatnya ganti piston. Suaranya udah bikin kuping serasa digelitik, bak ada puluhan jangkrik dalam silinder blok. Bingung cari piston yang sama. Punya A100 sama bentuk dan panjangnya. Sayang, diameternya jauh kurang gede. Akhirnya Piston aku ganti punya satria OS 0. Walaupun panjang beda. Dan…..overheat pun sering terjadi tiap jalan 10 km. Tenaga memang naik, tapi seakan berat. Bisa dibilang kegedean kompresi pula. Bahkan 3 baut silinder kop sampe jebol. Solusi overheat, aku pake silinder bekas yang udah gosong. Dan Overheatpun berkurang. Asal ga dibantai sampai gas pol dalam durasi lama, ga ada masalah. Ketika gejala gelitik atau ngeclek muncul, maka tandanya harus kurangi bukaan gas.
Dan bener. Krena kgedean tenaga itu stang pun bekerja terlalu berat. Akhirnya aus juga, sampe akhirnya bengkok. Sempat bingung juga cari kesana-sini stang piston yang mirip atau sama. Ternyata tidak ada sodara-sodari. Terpaksa pesen di Suzuki Mataram, pake yang ori. Memurutku harganya juga masih wajar. Bahkan murah untuk hitungan onderdil motor built up.
Dengan kondisi seperti itu, masih bisa bertahan sampe sekarang. Yah, walaupun udah mulai ga enak. Dan trakhir kmarin over heat karna aku banzaiii…
Perlu Coolriders ketahui juga, mnurutku cool itu lumayan irit. Dengan pemakaian yang lumayan ekstrim, selama ini baru sekali ganti kampas kopling, pake punya satria. Bensin juga antara 30-35 km/liter.
Itulah beberapa pengalamanku setelah sekian lama pake motor kinjeng (kecapung) ini.
Salam Coolriders…

12 responses to “8 Tahun Bareng Si Cool

  1. hi guys mau beli suzuki RK Cool?
    Kalo kepengen? Saya punya nih Cool 2002,
    saya minta 12 jt ajah.
    Tangan pertama masih asli semua
    kecuali bannya sudah saya gedein. Peleknya masih asli
    km: 24900, jarang dipake. Gak pernah rewel
    terawat. Dijamin puas

  2. Di jual mesin RK COOL tahun 2003 resmi ada STNK ,rangka juga adaa..mesin lengkap satu glondong masih utuh lengkap [d??i??] jamin ngacir,,buat cool rider yang kesulitan mencari spare part monggo [d??i??] liat,,bisa [d??i??] beli eceran atu pretelan sesuai kebutuhan agan” cool riders,,monggo [d??i??] jual murah buat bayar kuliah,,hehehe
    Salam cool riders,,posisi [d??i??] semarang jawa tengah
    Hub: Hp 081949789489 ,pin BB 29283066

    • Khususnya Kediri – Malang – surabaya dan derah jawa timur lainya🙂

      Pada umumnya seluruh indonesia…

      Monggo merapat😀

Tinggalkan Balasan

