24 Juli 1981, Meninggalnya Buya Hamka

Image

Buya Hamka (Haji Abdul Malik Karim Amrullah) ulama besar dan sastrawan yang terbaring di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) sejak 17 Juli 1981, meninggal dunia pada pukul 10.41 WIB karena penyakit jantung, diabetes dan radang pru-paru. Jenazahnya dikebumikan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir Kebayoran lama jakarta pada petang harinya. Pemakaman tersebut dilepas ribuan umat yang secara spontan datang berbondong-bondong. Sebelumnya, pada 18 Mei 1981, Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang lebih dikenal dengan Hamka, mengundurkan diri sebagai Ketua MUI. Pengunduran diri hamka sebagai ketua MUI ini terkait dengan dikeluarkannya fatwa MUI mengenai diharamkannya orang-orang Islam di Indonesia untuk menghadiri upacara resmi perayaan Natal umat Kristiani yang telah mengundang pro-kontra dikalangan masyarakat dan pemerintahan. Khususnya tanggapan dari Menteri Agama Alamsjah. Fatwa teresebut dikeluarkan pada tangggal 7 Maret 1981 dengan dalih untuk melindungi umat muslim dari pengaruh umat Nasrani. Namun demikian, dalam surat pernyataan penguduran dirinya, Hamka mengatakan bahwa fatwa MUI tersebut tetap sah. Pengunduran diri Hamka ini mendapat sambutan gembira dari kalangan muslim, walaupun pada waktu ia terpilih sebagai ketua MUI, tak banyak yang memberinya ucapan selamat. Atas fatwa yang dikeluarkan oleh MUI ini, menteri Agama waktu itu, Alamsjah, marah dan mengecam dikeluarkannya fatwa tersebut serta mengundurkan diri karena merasa tidak mampu mengampu amanat berbagai penganut agama di Indonesia saat mengadakan pertemuan dengan MUI tanggal 23 April 1981. Hamka memlilih mundur pada 18 Mei 1981 karena menganggap dirinya lah yang bertanggung jawab atas mundurnya menteri agama Alamsjah.
Hamka meninggal hanya beberapa bulan setelah ia meletakkan jabatannya sebagai ketua MUI. Sebuah teladan yang mestinya di renungi oleh para pejabat saat ini. Seorang pemimpin yang besar hati dan siap bertaruh untuk mebela umat.

Dari berbagai sumber

3 responses to “24 Juli 1981, Meninggalnya Buya Hamka

  1. Buya Hamka seorang ulama yg teguh tegas panutan um mat Islam.Allohummagfirla hu warhamhu wa afihi wa,fu anhu wanawir wa,atthir wa wassi,qobrohu waj,aliljanna ta mats wahu amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s